Baby Must Haves (1-3 month)

Post kali ini gue mau share barang-barang baby yang menurut gue MUST HAVE banget untuk new moms terutama during 1-3 bulan pertama setelah melahirkan.

1.Breast Pump

medela_freestyle_1

Untuk BP, gue sendiri pake pompa elektrik Medela Freestyle. Saat memilih pertimbangannya adalah kalo si Freestyle ini sudah 1 paket komplit dengan 4 botol, ice pack, cooler bag, shoulder bag, 4 corong dan juga selang pompa untuk memompa 2 PD sekaligus.  Hemat waktu yah karena jujur, waktu di awal memang kegiatan memompa adalah sesuatu yang baru, jadi oke oke aja pompa lama-lama (30 menit), tapi setelah puluhan kali pompa, believe me lo pengen cepet2 selesai deh. Gue ga kebayang harus pompa PD kanan 30 menit, terus PD kiri 30 menit yang makan waktu 1 jam apalagi dengan kalo pake pompa manual. Dan makin kesini, gue ngerasa paling efektif memompa 2 PD sekaligus selama 15 menit. Pompa ini juga pakai batre yang bisa di-charge jadi ga perlu beli batre terus-terusan dan juga ga harus dicolok ke listrik ketika pompa. Gue ga bisa bandingin dengan pompa lain karena kebetulan gue ga survey pompa-pompa lainnya. Tapi so far gue sangat happy dengan pompa ini with no complaint.

2. Sterilizer

avent-philips-steriliser-diagram

Di rumah kita punya beberapa sterilizer, tapi yang paling sering dipake adalah Phillips Avent 3-in-1 Electrice Steam Sterilizer. Bentuknya menurut gue cukup compact dibandingkan dengan sterilizer lainnya. Karena ini 3-in-1, raknya bisa dilepas-lepas sehingga sangat membantu kalau untuk travelling dan ga mau bawa semua raknya, kita bisa bawa rak tinggi atau rak pendeknya aja sesuai keperluan.

281370_85e28000-a063-11e4-92d2-bfbf4908a8c2

Sterilizer satunya lagi adalah merek Piegon Multi-Function Sterilizer, yang bentuknya agak gendut. Kurang suka karena ukurannya yang cukup besar dan bulky. Dan juga karena bentuknya bundar gitu kadang sulit untuk nyusun botol rapi di dalemnya pas mau di-steril. Jadi sterilizer Piegon ini gue pake buat back-up aja.

3. Kantong ASI

natur-breast-milk-storage-bags

Selama gue pompa sampe sekarang, gue hanya pernah coba pake 2 merek kantong ASI yaitu GABAG 180ml dan Natur 180ml. Diantara ke-2 merek itu gue lebih prefer Natur karena bahannya gak kaku, dan bentuknya persis persegi panjang sehingga kalau ditaro di-freezer dengan posisi “tiduran” ASInya bisa beku dengan bentuk tipis rapi dan bisa disusun/tumpuk. Kekurangannya, si NATUR ini single seal, jadi kalau sudah tuang hasil ASIP ke dalam kantong harus bener-bener nutup sealnya yang betul biar ga bocor. Cuman so far sih ga pernah ada kejadian ASIP bocor dari kantong NATUR ini.

gabag-breastmilk-bag

Untuk si GABAG, gue kurang suka karena plastiknya itu kaku dan bentuknya ini kecil di bagian bawah dan besar bagian atas. Jadi kalau mau di bekuin dengan posisi “tiduran” ga bakalan bisa tipis rata, pasti bakalan jendol di bagian bawah plastik. Otomatis lebih susah nyusunnya di freezer untuk maximize space. Kelebihannya GABAG adalah double seal jadi ga perlu khawatir kalau nutupnya kurang pas (piece of mind).

4. Botol Kaca

foto-botol-bka-banyak

Nah, dari hasil baca dan kepoin Instagram mama-mama muda, saya sering liat banyak yang prefer botol kaca sebagai media untuk menyimpan ASIP di freezer. Selain hemat (karena bisa dipakai berulang-ulang) dia juga aman untuk ASI karena terbuat dari bahan kaca. Gue pribadi sih kurang suka pake botol kaca ini karena selain berat, gue males beli puluhan botol kaca buat nyimpen asi di freezer karena yang biasa dipake adalah botol kaca BKA 100ml. Kapasitasnya sedikit banget menurut gue.

 

5. Bak Mandi

08310a_img_s-bath_3q_silo_46620x20302

Kebetulan bak mandi Eric yang kita pakai dari lahir itu dapat dari kado. Tapi menurut gue bath tub oke banget apalagi kalau kamar mandinya ga gede karena baknya bisa dilipet kalau sudah selesai pakai. Mereknya Summer Infant tipe Foldaway Baby Bath.

6. Toiletries

Dari lahir sampe sekarang Eric mandinya pake Aveeno Baby Wash & Shampoo yang Lightly Scent dan yang Lavender. Gue suka ganti-ganti aja cuman biasanya kalau mandi sore aja yang pake Lavender karena katanya si Lavender ini buat baby relax dan cepet bobo. Untuk krim pantatnya gue pake balm dari Earth Mama Angel Baby. So far so good.

7. Diapers

n84_1024x1024

Pas Eric baru lahir, kita coba 2 merek diaper. Yang pertama Nepia New Born Tape isi 84 diapers. Oke aja, relatif cukup tebel dan kaku diapernya. Enaknya Nepia ini ada color indicator kalau bayi sudah pipis/poop. Jadi ga perlu di-intip2. Cuman makin kesini ternyata si Nepia ini ga gampang nyarinya. Biasanya harus di toko baby khusus, jadi gue coba merek lain yaitu Pampers Premium Tape yang New Born.

181121_2dade4b3-df1f-4196-9ec4-a7ddb1731ea2

Ternyata bahannya lebih halus, tipis dan juga ada color indicatornya. So far gue lebih prefer si Pampers Premium selama 1-3 bulan karena bahannya lebih halus dan kayanya lebih adem dan tersedia hampir di semua supermarket. Tapi menjelang 4 bulan jumlah pipis/poop Eric kan makin banyak karena jumlah asi yang diminum pun semakin banyak, nah si Pampers Premium ini mulai ga kekejer nih terutama pas malem. Gak sering, tapi ada beberapa kali pake diaper ini kalo malem menjelang pagi (11 pm – 6 am) suka bocor padahal selama waktu itu kita ganti 2-3 kali.

pampers-pants-baby-dry-s-22s

Jadi gue sekarang kalau malem, pake Pampers Dry Pants yang bahannya lebih tebel, tapi kalau sehari-hari masih kok pake si Pampers Premium.

Ada lagi yang gue suka adalah Merries (yang bungkus warna putih). Ini bahannya juga halus banget, cuman harganya ga halus sis. Jadi cukup sekali aja belinya terus balik ke Pampers Premium hehehe.

8. Nipple Shield

8141950_2db38559-10f4-4aaa-a054-b30fe35e654b

Penting buat jaga-jaga ketika kondisi puting yang luka atau tidak memungkinkan untuk menyusui langsung. Gue pake merek nipple shield Medela. Tiap packaging dapet 2 nipple shield dengan casingnya.

9. Bottle Warmer

 

warmer-crown-4-in-1

Bottle warmer ini penting, karena biasanya kan ASIP kita taro di kulkas/chiller atau freezer, nah sebelum mau disusuin ke bayi kita dihangatkan dulu ASIPnya dengan menggunakan si bottle warmer. Secara umum, cara pemakaian si bottle warmer ini biasanya dengan menuangkan air ke dalam bottle warmer kemudian dinyalakan/set untuk memanaskan airnya lalu si botol isi ASIP ditaro/rendam ke dalam airnya sampai ASIP hangat. Gue pribadi pakai bottle warmer merek Crown. Harganya relatif murah dan so far tidak ada complain.

10. Botol Susu

Nah ini topik yang agak tricky nih karena mencakup unsur media yang digunakan untuk memberi ASIP ke bayi. Dari hasil baca-baca forum/blog yang cukup banyak, gue melihat ga sedikit ibu-ibu “garis keras” yang tidak mau menggunakan media lain untuk menyusui bayinya selain menyusui langsung. Memang idealnya seperti itu. Next in line, ada kepercayaan jika terdapat kondisi dimana ibu tidak bisa menyusui langsung untuk memberikan ASIP ke bayi dengan cupfeeder atau di-sendokin agar tidak bingung puting.

Banyak banget opini macem-macem bisa gugel sendiri ya.

Untuk gue pribadi, gue memilih untuk mulai memperkenalkan Eric ASIP dengan botol dot sesekali dari 1 bulan. Selain bisa bonding dengan ayahnya (yang nyusuin Eric dari botol itu ayahnya), gue juga ada waktu untuk istirahat. Selain itu, gue percaya kalo bayi sudah diperkenalkan/diselingin dengan botol, nantinya akan lebih mudah ketika gue sedang ga ada sama dia. Contohnya: waktu Eric umur 7 minggu gue kena DBD dan harus dirawat di RS selama seminggu. Selama seminggu gue pompa ASI setiap hari dan dikirim ke rumah untuk disusuin ke Eric, dan sekarang ketika gue sudah kembali kerja di kantor, during the day Eric diberikan ASIP dengan botol dot. Alhamdullilah tidak ada masalah.

10955087_1100644203285351_3489946484967395880_o3

Botol susu yang gue pake untuk Eric mereknya Comotomo yang konon katanya menyerupai bentuk PD ibu alias wide-neck. Tentunya banyak merek2 botol susu lainnya yang punya botol tipe wide-neck ini cuman atas saran sahabat saya yang sudah coba beli berbagai macam botol, yang paling cocok dengan anaknya adalah Comotomo.

Mudah-mudahan post ini bermanfaat. Next part 2 untuk 3-6 bulan yah!

Cheers

S

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s